Selasa, 07 Februari 2017

Black Widow

Black Widow (Natasha Romanoff)

Image result for black widow


Natasha Romanoff atau yang biasa disebut Black Widows adalah salah satu tokoh dalam komik Marvel. Tokoh ini diciptakan oleh Stan Lee, Don Rico, dan Don Heck. Muncul pertama kali di komik berjudul Mystic Comics #4 pada bulan Agustus 1940. Sosok Black Widow merupakan protagonis pada komik tersebut.



Bernama lengkap Natalia Alianavna Romanova, Natasha Romanoff merupakan salah satu agen dari S.H.I.E.L.D. Ia lahir di Stalingrad, Rusia. Awalnya, Natasha merupakan mata-mata Rusia yang direkrut oleh KGB untuk mengumpulkan berbagai informasi. Namun karena merasa dikhianati oleh pihak KGB, Natasha pun akhirnya keluar dari KGB. Setelah berkenalan dengan Nick Fury, Natasha pun akhirnya bergabung dengan S.H.I.E.L.D dan merupakan orang yang berperan penting dalam terbentuknya kelompok The Avengers. Tugas pertamanya saat itu adalah membujuk Tony Stark agar bisa bergabung dengan aliasi pahlawan super tersebut. 




Sebagai Black Widow, Natasha Romanoff memiliki kemampuan bela diri yang banyak. Tercatat ia ahli dalam berbagai ilmu bela diri seperti karate, ninjutsu, aikido, dan tinju. Black Widow juga sempat mendapat suntikan "Super-Soldier Serum" sehingga wanita itu memiliki kemampuan fisik dan mental melebihi manusia lainnya salah satunya adalah kebal dari berbagai jenis racun dan wabah penyakit. 


    

Sebagai agen dari S.H.I.E.L.D, Black Widow memiliki senjata sebuah gelang yang  dapat mengeluarkan sengatan listrik hingga 30.000 volt. Sengatan itu disebut sebagai "Widow Bite". Wanita ini juga memiliki ikan pinggang yang berisi banyak alat, salah satunya granat tangan. Black Widow juga ahli dalam persenjataan dan mampu mempergunakan senjata apapaun meskipun baru pertama kali ia gunakan.Black Widow juga merupakan anggota dari The Avengers. Dalam Komiknya, Black Widow jatuh hati pada Steve Roger dan selalu akrab di setiap misi yang dijalani bersama.

Black Widow di film Marvel
Scarlett Johansson terpilih menjadi pemeran karakter Black Widow dalam film-film Marvel. Setidaknya sudah 5 film yang dimainkan Scarlett sebagai Black Widow, yaitu : Iron Man 2 (2010)The Avengers (2012)Captain America: The Winter Soldier (2014)Avengers: Age of Ultron (2015)Captain America: Civil War (2016)

Image result for black widow marvel scarlett      
Image result for black widow marvel scarlett



Tapi bisa jadi banyak di antara penikmat akting Scarlett Johansson di film, yang tidak tahu bahwa Marvel Comics pernah membuat 5 karakter berbeda sebagai sosok di balik nama Black Widow.


Berikut ke-5 versi Black Widow yang pernah dirilis oleh Marvel Comics:

1. Claire Voyant


Black Widow versi Claire Voyant merupakan tokoh superhero perempuan pertama dalam dunia komik Amerika (bahkan lebih dulu dibanding Wonder Woman), hasil garapan kerjasama penulis naskah George Kapitan dengan komikus Harry Sahle. Muncul pertama kali dalam Mystic Comics #4 (Agustus 1940), Black Widow adalah juga sosok antihero yang membunuh para pelaku kejahatan untuk memberikan jiwa mereka kepada Satan, tuannya.

Image result for claire voyant marvel
Pada mulanya Claire Voyant adalah seorang paranormal yang mampu berkomunikasi dengan orang mati melalui kekuatan supernatural. Saat sedang melayani keluarga Waglers, Claire malah dirasuki oleh Satan yang memerintahnya untuk mengutuk mereka. Keluarga Waglers kemudian tewas setelah dikutuk oleh Claire, kecuali James yang berhasil selamat. James lalu memburu Claire dan membunuhnya. Claire yang masuk neraka, kemudian ditemui oleh Satan yang memberinya kostum Black Widow beserta kekuatan super. Claire dapat membunuh dengan satu sentuhan jari (seperti laba-laba Black Widow) dan merupakan anak buah Satan untuk membunuh para penjahat, agar mereka tidak sempat bertobat dan jiwanya masuk ke dalam neraka.
 Image result for claire voyant marvel
Karakter Black Widow versi Claire Voyant ini tidak memiliki hubungan dengan karakter Black Widow setelahnya.

2. Natasha Romanoff

Pada mulanya, Black Widow versi Natasha Romanoff adalah tokoh antagonis yang merupakan mata-mata Rusia untuk menghadapi Iron Man dalam komik Tales of Suspense #52 (April 1964). Kemudian dia direkrut oleh pemanah berkostum yang dikenal juga dengan nama Hawkeye, lalu membelot ke Amerika Serikat.
 
Dalam komik The Amazing Spiderman #86 (Juli 1970), Black Widow muncul kembali dengan penampilan baru. Rambut hitam pendeknya dalam komik Tales of Suspense, berubah menjadi merah sebahu, mengenakan kostum hitam ketat dan gelang yang bisa menembakkan jaring laba-laba, penampilan ini yang diklaim paling banyak disukai dan digunakan oleh Marvel.
 Related image
Black Widow versi Natasha Romanoff, lebih banyak muncul sebagai peran dalam grup superhero seperti S.H.I.E.L.D. dan Avengers, serta beberapa grup lain dibanding muncul dalam komik Black Widow sendiri.
3. Yelena Belova
Image result for yelena belova marvel
Yelena Belova adalah Black Widow kedua di era komik modern, memulai debutnya dalam komik Inhumans #5 (Maret 1999), Marvel kemudian membuatkan miniserinya dengan judul Black Widow. Belova adalah mata-mata dan pembunuh yang dilatih The Red Room oleh orang yang sama pernah melatih Natasha Romanoff, Pyotr Vasilievich Starkovsky. Ketika pelatihnya dibunuh, Belova mendapatkan tugas pertamanya sebagai Black Widow untuk melacak pembunuh pelatihnya. Belakangan diketahui bahwa ternyata pembunuhan dan investigasi terhadap pembunuhnya merupakan bagian dari ujian Belova untuk mendapatkan pengesahan sebagai mata-mata dengan nama sandi Black Widow, menjadi penerus Romanoff yang telah berkhianat.
Related image
Black Widow versi Belova ini lebih banyak berperan sebagai tokoh antagonis, hal itu sempat membuatnya bertemu dan bertarung dengan Black Widow Romanoff, walau bukanlah sebuah pertarungan sampai mati.

4. Monica Chang

Monica Chang sebagai Black Widow muncul dalam seri Ultimate Comics: Avengers #3 (2010) yang disusul dengan kemunculan regulernya dalam Avengers A.I. (Artificial Intelligence). Monica pada awalnya adalah anggota pasukan Amerika Serikat yang diselamatkan oleh Nick Fury dari pasukan musuh di Bosnia. Fury kemudian menikahinya dan pernikahan itu hanya bertahan selama 6 bulan, setelah Monica menemukan fakta bahwa Fury telah selingkuh dengan beberapa perempuan lain.
Image result for monica chang marvel
Terlahir sebagai seorang Asia-Amerika, Monica sempat menjadi direktur S.H.I.E.L.D. saat direktur sebelumnya yang menggantikan Fury, Marvin Flumm ditangkap atas tuduhan percobaan pembunuhan terhadap presiden.
Dalam Avengers A.I. #4 (2013) Monica Chang mengungkapkan bahwa dirinya adalah seorang muslimah. Diceritakan bahwa Monica yang sedang menunaikan sholat, ditunggui oleh Doombot, anggota Avengers A.I. yang memiliki Artificial Intelligence Dr Doom. Tentu saja, Monica Chang bukanlah satu-satunya superhero muslimah dalam dunia komik Marvel.
Black Widow Muslimah Rajin Berdoa

5. Jessica Drew

Jessica Drew sebenarnya lebih dikenal sebagai Spider Woman, namun dalam seri All New Ultimates (2014) setelah melalui pertarungan panjang hingga bumi nyaris hancur lebur di tangan Galactus, Spider Woman memutuskan untuk melanjutkan keberlangsungan grup superhero yang pernah dipimpin mendiang Captain America, Avengers. Grup baru tersebut kemudian dinamai The Young Ultimates dan dipimpin oleh Jessica Drew sebagai Ultimate Black Widow.
Image result for jessica drew marvel ultimate black widow
Demikianlah ke-5 versi Black Widow buatan Marvel Comics, bukan tidak mungkin akan muncul versi lainnya di kemudian hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar