Minggu, 12 Februari 2017

Harley Quinn

Harley Quinn (Harleen Frances Quinzel)

Image result for harley quinn

"Love makes us do crazy things. And for the bubbly and psychotic Harley Quinn, that includes dressing in costume, becoming a super-villain, carrying gag-themed weaponry, and murdering countless civilians—all just to put a smile on her puddin's face."

Versi Komik ‘Harley Quinn’

komik-tentang-harley-quinn
Harley Quinn terlahir dengan nama asli Harleen Frances Quinzel. Ia memiliki ibu yang agak kasar namun pemaaf dan seorang adik laki – laki yang tidak bisa diandalkan; Harley beberapa kali memberikan uang kepada saudaranya tersebut, dengan harapan sang adik bisa memperbaiki hidupnya, tapi tidak berhasil. Ayah Harley pun tidak kalah bermasalah, ia dikenal sebagai seorang penipu perempuan yang sering mendapatkan uang dari para korbannya.Perilaku sang ayah yang kurang memperhatikan keluarganya, ternyata adalah alasan utama Harley Quinn menjadi seorang psikiater, ia ingin bisa memahami mengapa ayahnya bertindak demikian.
Harley Quinn digambarkan sebagai orang yang jenius, menjadi mahasiswa di Gotham State University dengan beasiswa olah raga gimnastik. Ia mengambil jurusan ilmu penyakit jiwa di bawah bimbingan Dr. Odin Markus.
Ketika menyusun thesis sebagai syarat kelulusan, Harley ingin membuktikan sebuah teori : ‘Seseorang melanggar norma masyarakat dalam dua kondisi, yaitu ketika mereka melakukan tindak kejahatan dan ketika mereka sedang jatuh cinta’. Ia meminta izin kepada Dr. Markus agar bisa melakukan percobaan mandiri, objek percobaannya adalah dia dan pacarnya, Guy Kopski.
Untuk menguji teori ini, Harley berbohong kepada Guy, bahwa dia telah melakukan berbagai tindakan kriminal, bahkan menembak Dr. Markus. Guy pun berinisiatif melindungi pacarnya dengan membunuh seseorang yang ia anggap Dr. Markus. Awalnya, pacar Harley Quinn ini mengira ia bisa melakukannya tanpa merasa bersalah. Tapi ternyata, ia tak mampu menghilangkan rasa bersalahnya yang kemudian membuatnya ingin bunuh diri. Karena tidak sanggup melakukannya sendiri, Guy memohon agar Harley mau membunuhnya atas nama cinta.
Guy akhirnya mati, namun tidak jelas apakah Harley terlibat atau tidak dalam tindakan bunuh diri pacarnya itu.
Peristiwa ini meninggalkan trauma dalam diri Harley, perlahan ia mulai meyakini bahwa dunia ini selalu berada dalam situasi kacau dan tidak ada pola atau keteraturan yang jelas. Keyakinan ini mirip dengan apa yang dipercaya Joker, hal ini membuat Harley Quinn merasa simpati kepada sang ‘Clown Prince of Crime’.
Harley yang merasa perlu bertemu dengan Joker, akhirnya memutuskan untuk bekerja di rumah sakit jiwa Arkham. Di sana, ia meminta izin agar ditugaskan merawat Joker, dengan alasan sedang melakukan riset tentang pembunuh berantai.
Dalam pertemuan pertamanya dengan Joker, ia memperkenalkan diri sebagai Dr. Harleen Quinzel dan bersikeras agar penjahat ‘gila’ itu memanggilnya dengan nama ‘Harley Quinn’ (nama seorang pelawak dari abad pertengahan). Awalnya, Joker hanya diam saja. Beberapa lama kemudian, ia tertawa dan bertanya apakah Harley sedang menggodanya. Ketika Harley mendekat, Joker mencekek leher dokter jiwa tersebut, namun karena ekspresi Harley terlihat penuh rasa cinta, bukannya terkejut, Joker pun melepaskan leher sang dokter, dan berkata bahwa ia hanya bercanda.
Sejak saat itu, dua sejoli ini semakin dekat dan membina hubungan ‘terlarang’. Harley beberapa kali membantu Joker melarikan diri dari Arkham.
Ketika Batman berhasil menangkap Harley, ia pun dijebloskan ke penjara dan kehilangan izin praktek sebagai psikiater. Harley Quinn pernah berkilah bahwa tindakannya membantu Joker melarikan diri adalah bagian dari terapi penyembuhan penjahat ‘gila’ tersebut.

 Versi Serial Animasi ‘Batman: The Animated Series’

harley-quinn-batman-serial-animasi
Asal usul Harley Quinn diungkap dalam salah satu episode serial animasi Batman yang diciptakan oleh Paul Dini dan Bruce Timm pada tahun 1992. Cerita diawali dengan Dr. Harleen Quinzel bekerja magang di rumah sakit jiwa Arkham. Ketika Harley mengetahui tentang Joker, ia pun merasa tertarik dengan motif musuh bebuyutan Batman ini dan meminta izin agar bisa menganalisanya.

Related image

Pada pertemuan pertama, Joker menceritakan tentang masa lalunya yang kelam kepada Harley, tentang bagaimana ayahnya menyiksanya. Mendengar cerita sedih sang penjahat, Harley merasa simpati dan akhirnya jatuh cinta pada Joker. Rasa cinta ini mendorongnya untuk membantu Joker melarikan diri dari Arkham. Tindakannya membantu Joker adalah langkah awal mantan psikiater ini menjadi Sidekick sang ‘Pangeran Badut Kejahatan’ (Clown Prince of Crime). Selain itu, Surat izin prakteknya sebagai psikiater juga di batalkan karena tindakannya ini.
Beberapa lama kemudian, Harley menyadari bahwa semua yang dikatakan Joker tentang masa lalunya adalah dusta. Joker tahu apa yang ingin didengar Harley, dan menceritakan cerita sedih tersebut untuk menarik simpatinya. Sepanjang hubungan mereka, Joker memang selalu memanipulasi bahkan membahayakan keselamatan Harley Quinn. Namun, layaknya istri seorang suami pemarah yang kasar, Harley selalu saja bisa memaafkan dan kembali ke pelukan Joker.
Dari awal, Harley selalu memainkan peran ‘submissive’ (patuh dan taat) dalam hubungannya dengan Joker. Ia seringkali dimanipulasi dan dimanfaatkan oleh Joker, bahkan sampai mengancam keselamatannya. Meski begitu, Harley tetap setia dan mendukung Joker ketika keadaan memburuk.
Hubungan Harley dan Joker memang hubungan cinta yang rumit lagi aneh. Walaupun Joker selalu terlihat bersikap kasar pada Harley Quinn, terkadang penjahat ‘gila’ ini juga memperlihatkan rasa cinta kepada kekasihnya itu. Harley Quinn adalah satu – satunya orang yang tahan membina hubungan, bahkan bisa intim dengan Joker dalam waktu yang lama. Joker sendiri, pada sebagian besar kesempatan, memang bisa menerima hubungannya dengan Harley, namun terkadang, ia juga merasa bingung dan tidak nyaman, yang beberapa kali membuatnya ingin membunuh Harley.

Latar Belakang Penciptaan Karakter Harley Quinn 

Image result for harley quinn joker komikImage result for harley quinn joker komikImage result for harley quinn joker komik


Karakter Harley Quinn awalnya diciptakan untuk serial TV animasi Batman pada tahun 1992. Serial TV ini dibuat oleh Paul Dini dan Bruce Timm. Karakter Harley Quinn rencananya hanya akan muncul sekali, yaitu dalam episode “Joker’s Favor”, namun karena karakter ini ternyata sangat disukai penonton, akhirnya pihak DC menjadikannya karakter reguler, bahkan memasukkannya dalam cerita komik DC.
Karakter Harley Quinn diinspirasi oleh aktris Arleen Sorkin, yang pernah menggunakan kostum jester (kostum pelawak) dalam sebuah episode serial ‘Days of Our Lifes’. Ide tentang sifat dan kostum karakter kekasih Joker ini, diakui Paul Dini datang dari penampilan Arleen Sorkin, bahkan sang artis pernah mengisi suara Harley Quinn dalam serial animasinya.
Kepopuleran Harley Quinn membuat DC menuangkan karakter ini dalam komik mainstream DC. Namun, Harley Quinn versi komik dibuat lebih gelap dan gila daripada versi serial TV-nya. Kemunculan pertamanya dalam komik ialah pada seri ‘Batman: Harley Quinn’ issue 1 tahun 1999 yang ditulis oleh Paul Dini sendiri.

Harley Quinn bergabung dengan Suicide Squad (Komik New 52)

Image result for harley quinn dcnew 52
Patah hati, Harley Quinn bertekad untuk mendapatkan pengakuan dari Joker, yang kala itu hilang entah kemana. Tapi sayang, rencana Harley tak terwujud, setelah ia harus mendekam di penjara dengan sistem keamanan tinggi Belle Reve. Di penjara ini, Harley dipaksa bergabung dalam Task Force X, atau lebih dikenal dengan nama ‘Suicide Squad’.
Terlibat dalam berbagai misi ‘bunuh diri’ tim, Harley digambarkan lebih kejam dan kasar, serta terlihat seperti pembunuh berbahaya. Kulitnya berwarna putih pucat, warna yang tidak biasa dan dianggap sebagai masalah kulit. Kondisi kulit Harley ternyata adalah efek dari sebuah cairan kimia, tempat ia terjatuh ketika didorong Joker. Cairan kimia yang sama juga adalah penyebab Joker memiliki rupa aneh dan mengerikan. Perubahan warna kulit Harley dianggap sebagai bagian dari transformasinya menjadi ‘Harley Quinn’.

Harley-Quinn-anggota-Suicide-Squad-komik-new-52
Sebagai anggota Suicide Squad, kemampuan Harley Quinn  diremehkan anggota setimnya, anggapan yang sejauh ini menguntungkan baginya. Ketika mendengar rumor tentang kematian Joker, ia memicu keributan di penjara, lalu melarikan diri saat peristiwa tersebut berlangsung. Suicide Squad pun diutus untuk menangkap kekasih Joker ini, tidak peduli hidup atau mati.


Harley Quinn di Film Suicide Squad (2016)


Image result for harley quinn di film suicide squad


Harley Quinn ini adalah seorang psikiatris yang jatuh cinta pasiennya sendiri yaitu Joker. Dengan kostum dan wajah badut seperti joker yang memang menjadi panutannya. Harley Quinn ini bisa dibilang menjadi sidekick kepercayaan joker. Apapun yang diminta joker ia akan lakukan termasuk membunuh siapapun. Di dalam film Suicide Squad 2016 ini tokoh Harley Quinn diperankan oleh Margot Robbie. 


5 Fakta Harley Quinn 



1. Harley Quinn bukan berasal dari serial komik, melainkan dari serial kartun Batman



Image result for harley quinn comic batman

Karakter Harley Quinn pertama kali muncul di serial kartun Batman: The Animated Series pada episode ke-22 yang berjudul “Joker’s Favor” dan ditayangkan pada tahun 1992. Awalnya, Harley Quinn hanya ingin dimunculkan pada episode itu saja sebagai pemeran tambahan. Ternyata karakternya yang cukup kuat dan unik membuat Harley Quinn kembali dimunculkan di episode-episode berikutnya, hingga menjadi karakter tetap yang turut hadir di serial komik DC setelahnya sebagai pasangan Joker.

2. Cerita tentang kemunculan Harley Quinn baru dibuat setelah kemunculannya di serial tv



Image result for harley quinn comic batman

Karena awalnya hanya dimunculkan sebagai karakter tambahan di serial kartun TV, sehingga cerita lengkap mengenai Harley Quinn baru ditampilkan di serial komiknya. Sama seperti yang diceritakan di film Suicide Squad, awalnya Harley Quinn adalah seorang psikiater bernama Dr. Harleen Quinzel yang ditugaskan untuk merawat Joker di Arkham Asylum. Pesona kuat dari Joker ternyata malah mempengaruhi Dr. Quinzel hingga ia jatuh cinta dan mau melakukan apa saja untuknya, hingga bertransformasi menjadi pasangan dan kaki tangannya di dunia kriminal sebagai Harley Quinn.

3. Ternyata Harley Quinn pernah diperankan oleh aktris selain Margot Robbie

Screen-Shot-2016-08-05-at-4.45.26-PM 5 Fakta Tentang Harley Quinn yang Belum Kamu Tahu
Walaupun untuk kategori film DC Harley Quinn baru pertama kali ditampilkan di film Suicide Squad, ternyata sebelumnya karakter ini pernah muncul di serial tv Birds of Prey. Namun karakter yang saat itu diperankan oleh Mia Sara (Ferris Bueller’s Day Off) ini kurang begitu diingat karena serial DC tersebut memang tidak sepopuler serial lainnya. Pada serial Arrow di episode “Suicide Squad,” karakter Harley Quinn juga sempat muncul sebentar dan diperankan oleh Cassidy Alexa.

4. Salah satu kekuatan Harley Quinn adalah kebal terhadap racun

Image result for harley quinn poison ivy
Masih ingat dengan Poison Ivy? Ternyata salah satu musuh Batman ini juga berjasa atas kekuatan yang dimiliki Harley Quinn, yang pada saat itu menjadi sahabat sesama penjahat di Gotham City. Dengan kekuatan feromon yang menaklukan para pria dan tanaman beracunnya, Poison Ivy berhasil memberikan salah satu kekuatannya kepada Harley Quinn berupa serum yang dapat membuatnya imun terhadap segala jenis racun.

5. Harley Quinn ternyata pernah memiliki seorang anak



1.-harley-lucy 5 Fakta Tentang Harley Quinn yang Belum Kamu Tahu


Memang jarang rasanya kita mendengar penjahat di cerita superhero yang memiliki anak, tetapi kadang alur cerita di serial komik juga menampilkan cerita-cerita sampingan dari para tokoh yang tidak terduga. Tak disangka, ternyata ada cerita mengenai Harley Quinn yang menceritakan bahwa ia memiliki anak kandung, yang tak lain adalah anak dari sang Joker sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar